Sabtu, 23 Maret 2013

QR Code

Morning..


Beberapa hari yang lalu kebetulan ada tugas mata kuliah Pemrograman Internet mengenai trend pemrograman internet dan kami disuruh mencari bahannya di internet untuk kemudian didiskusikan di kelas saat mata kuliah itu berlangsung.

Setelah meng-googling saya menemukan dan tertarik pada suatu artikel yang berjudul QR Code atau Quick Response Code. Maka saya menjadikan itu sebagai bahan saya untuk didiskusikan. Saya akan memberitahu mengenai QR Code pada posting kali ini.




Kode QR adalah suatu jenis kode matriks atau kode batang dua dimensi yang dikembangkan oleh Denso Wave, sebuah divisi Denso Corporationyang merupakan sebuah perusahaan Jepang dan dipublikasikan pada tahun 1994 dengan fungsionalitas utama yaitu dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR merupakan singkatan dari quick response atau respons cepat, yang sesuai dengan tujuannya adalah untuk menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatkan respons yang cepat pula. Berbeda dengan kode batang, yang hanya menyimpan informasi secara horizontal, kode QR mampu menyimpan informasi secara horizontal dan vertikal, oleh karena itu secara otomatis Kode QR dapat menampung informasi yang lebih banyak daripada kode batang.

Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan bagian di manufaktur, namun kini kode QR digunakan dalam konteks yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular. Di Jepang, penggunaan kode QR sangat populer, hampir semua jenis ponsel di Jepang bisa membaca kode QR sebab sebagian besar pengusaha di sana telah memilih kode QR sebagai alat tambahan dalam program promosi produknya, baik yang bergerak dalam perdagangan maupun dalam bidang jasa. Pada umumnya kode QR digunakan untuk menanamkan informasi alamat situs suatu perusahaan. Di Indonesia, kode QR pertama kali diperkenalkan oleh KOMPAS. Dengan adanya kode QR pada koran harian di Indonesia ini, pembaca mampu mengakses berita melalui ponselnya bahkan bisa memberi masukan atau opini ke reporter atau editor surat kabar tersebut.

Perkembangan populasi manusia dan zaman, diikuti oleh perkembangan teknologi. Begitu pula, pertumbuhan infrastruktur dunia maya, seiring dengan pertumbuhan jumlah manusia, jumlah situs-situs social network, blog, dan forum juga semakin bertambah.Semakin banyaknya situs yang bermunculan, mendorong pengguna internet untuk membuat banyak account di berbagai situs tersebut.



Dengan banyaknya account, maka semakin lama waktu yang dibutuhkan untuk melakukan logins. Semakin sulit pula untuk memanage dan mengingat username dan password milik user. Penggunaan smart login yang dikombinasikan dengan teknologi QR-code dinilai praktis dan dapat memberi solusi pada masalah tersebut. User tidak perlu melakukan login berulang-ulang ke suatu website yang sama. ID dan username serta password user disimpan dalam suatu database, saat user melakukan login, maka aplikasi akan otomatis mengisi form web dengan ID dan password yang tersimpan tersebut. Aplikasi Smart Login pada Situs Web menggunakan QR-Code merupakan alternatif untuk membantu user melakukan manajemen account di berbagai situs web, dengan cara yang praktis, mudah, dan sederhana.




                                                                          Barcode
                                                          
                                                      
QR Code berikut menuju ke halaman blog ini




Jadi QR Code ini telah banyak dimanfaatkan oleh perusahaan-perusahaan untuk mendongkrak penjualan produknya. Hampir semua barang kini telah memilki QR Code nya sendiri. Untuk membaca QR Code tersebut dibutuhkan sebuah smartphone dan tentu saja aplikasi di smartphone tersebut untuk menerjemahkan code-code pada QR code lalu membuka link atau informasi lain dari QR Code tersebut. QR Code dapat menyimpan banyak sekali informasi seperti alamat/URL seperti, nomor telepon, teks dan sms yang dapat digunakan pada majalah, surat harian, iklan, pada tanda-tanda bus, kartu nama ataupun media lainnya.







Jika QR Code ini diterapkan pada sebuah situs atau blog, pengunjung bisa langsung melihat blog/situs tersebut melalui HP atau mobile phone. QR Code juga kini dibuat menarik bukan hanya berwarna hitam putih dan terlihat seperti square atau garis seperti QR Code pada umumnya. Jadi kita dapat menanmbahkan tulisan bahkan gambar atau logo pada QR Code tersebut. Hal ini dilakukan karena QR Code ini ditempelkan pasa produk barang maka dibuat semenarik mungkin. Dengan ditambahkannya suatu logo perusahaan atau produk pada QR code sudah dapat menginformasikan kepada yang melihatnya ke link mana mereka akan dibawa, pasti ke link dari perusahaan tersebut sesuai logo yang ada pada QR Code tersebut. 
















Bahkan sekarang QR Code bukan hanya ditempel diformasi beru suatu produk dan dijadikan sebagai cara cepat untuk mengakses suatu informasi berupa link tetapi sudah menjadi fashion seperti dibawah ini.





















Semoga bermanfaat :D



0 komentar:

Posting Komentar